Halaman

Minggu, 18 November 2012

PENENTUAN PREMI ASURANSI JIWA

Asuransi Syariah, sundul seo : Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia.
Kata asuransi berasal dari bahasa Belanda, assurantie, yang dalam hukum belanda disebut Verzeekering yang artinya pertanggungan. Dari istilah assurantie kemudian timbul istilah assuradeur bagi penanggung dan geassureerde bagi tertanggung (Yafie Ali, 1982) . Dalam bahasa Arab, asuransi disebut atta’min atau at-takaful. At ta’min berarti memberi perlindungan, rasa aman, dan bebas dari rasa takut, sebagaimana firman Allah, “Dialah Allah yang mengamankan mereka dari ketakutan” (Al Quraisy:4)

Sedangkan at-takaful berarti menjamin atau saling menanggung. Asuransi syariah (Ta’min, Takaful, Tadhamin) adalah sejumlah usaha saling melindungi dan saling menolong di antara sejumlah orang / pihak melalui investasi dalam bentuk aset dan atau tabarru’ yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu melalui akad yang sesuai dengan syariah.


Asuransi syariah muncul dari al aqilah, yaitu kebiasaan suku Arab jauh sebelum Islam datang, kemudian disahkan oleh Rasulullah menjadi hukum Islam bahkan telah tertuang dalam konstitusi Madinah yaitu konstitusi pertama di dunia yang dibuat Rasulullah.

Konsep asuransi syariah adalah suatu konsep di mana terjadi saling memikul risiko di antara sesama peserta. Konsep takaful yang merupakan dasar asuransi syariah ditegakkan atas dasar tiga prinsip, yaitu saling bertanggung jawab, saling membantu dan bekerja sama, saling melindungi. (Sula M., 2004)


Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia
Bacaan sebelumnya : PENENTUAN PREMI ASURANSI JIWA
LIFARA MARGARETA
NIM. 06510055
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM
MALANG
2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar